Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Join Us Join Us
Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
FWT Homepage Translator
Agenda
26 June 2017
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
Link Terkait
Facebook Fans

Pengenalan Budidaya Hortikultura, Pengolahan Limbah Organik Pada Siswa Sekolah Dasar

Tanggal : 03/21/2017, 15:21:31, dibaca 332 kali.

Dalam rangka mendukung program Kementerian Pertanian dan menumbuhkan rasa cinta pertanian sejak dini pada anak-anak. Selasa 21 Maret 2017, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi di SDN 5 Kalirejo Sumberwuni Lawang Malang. Dalam kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4 dan 5 serta beberapa orang wali murid. Tim dari STPP Malang yang terdiri dari Arum Pratiwi, SP, MP. Ferdianto Budi Samudra, SP, M.Si, Humas dan Mahasiswa STPP Malang diterima Kepala Sekolah Dasar Negeri  5 Kalirejo di ruangannya.

Dalam keterangannya, terkait dengan program edukasi tanaman pertanian,  pengolahan limbah organik sederhana dengan memanfaatkan sampah organik dilingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Drs. Slamet mengatakan, beliau mengharapkan anak didiknya SDN 5 Kalirejo Sumberwuni Lawang Malang menjadi generasi penerus pertanian, dengan  diberi bekal, punya pengalaman pertanian, punya ilmu di bidang pertanian. Harapan kedepan supaya mereka bisa menerapkan ilmu-ilmu pertanian. Tidak hanya pada anak, tetapi juga sasaran lainnya yaitu ingin memberdayakan masyarakat, ibu-ibu wali murid yang aktif sekaligus  dengan lembaga yang sudah terorganisasi dengan baik dan sudah mensuport dengan baik  setiap saat ke sekolah. Terkait dengan Adiwiyata sekolah  Drs. Slamet menyatakan Adi mengandung arti agung, sedangkan  Wiyata adalah tempat. Dengan adanya materi pendidikan pengolahan limbah organik ini, maka dari sekolah menginginkan adanya sarana pembelajaran anak-anak dan lingkungan sekolah yang bersih, indah, sejuk dan bebas dari segala polusi.

Berkaitan dengan program yang akan dilaksanakan SDN Kalirejo, STPP Malang menyerahkan 1000 benih cabai yang diterima oleh Kepala SDN 5 Kalirejo. Kegiatan  edukasi pertanian dan pengolah limbah organik dilaksanakan dalam dua sesi. Pertama teori mengenai budidaya hortikultura dan pengolahan limbah organik yang dilaksanakan di dalam kelas. Selanjutnya materi praktek diberikan di lapangan. Materi diawali dengan pembuatan mol berbahan buah pisang, dilanjutkan dengan pembuatan pupuk organik yang disampaikan oleh Ferdianto Budi Samudra SP, M.Si.  Sedangkan materi teknik pemindahan tanaman serta penanaman benih  cabai, terong dan bayam diberikan oleh Arum Pratiwi, SP, MP.

Sebelum mengakhiri kegiatannya, SDN 5 Kalirejo berharap, kegiatan pendidikan pertanian ini bisa menumbuhkan minat  seluruh siswa untuk mencintai dan mempelajari ilmu-ilmu pertanian.  Sedangkan kepada STPP Malang bisa mensuport kegiatan-kegiatan pembelajaran khususnya yang berkaitan dengan bidang pertanian. (Adm)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas