Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Join Us Join Us
Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
FWT Homepage Translator
Agenda
19 August 2017
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
Link Terkait
Facebook Fans

BIMTEK UPSUS PAJALE DAN SIWAB BAGI MAHASISWA/TARUNA STPP MALANG 2016

Tanggal : 12/15/2016, 15:41:24, dibaca 612 kali.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian  (STPP) Malang  sebagai lembaga pendidikan lingkup kementerian pertanian sekaligus sebagai koordinator Upsus Pajale dan SIWAB Tahun 2017. Mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendorong terwujudnya swasembada pangan. Untuk itu sebelum menerjunkan 312 mahasiswanya kelapangan. STPP Malang memberikan pembekalan kepada para mahasiswa taruna berupa Bimbingan Teknis pendampingan Upsus selama lima hari sejak tanggal 14 – 18 Desember 2016. Acara Bimtek dibuka dan diresmikan oleh Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Dr. Ir. Momon Rusmono, MS. Hadir dalam acara tersebut, Dosen, Asisten Dosen, Pejabat Eselon III dan IV serta para mahasiswa taruna sebanyak 312 orang.

Sebelum membuka acara Bimtek Pak Sesba terlebih dahulu melakukan peninjauan ke Lab. Media Penyuluhan, Ruang Jurusan, Laboratorium Pengolahan, Perpustakaan, Ruang Arsip, Ruang Diorama, yang dilanjutkan pertemuan dengan Fungsional Dosen, Fungsional Khusus dan Unsur Pimpinan.  Dalam arahannya menyampaikan empat hal  yaitu

  1. Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani. Kedaulatan pangan diwujudkan dengan upsus.

Untuk itu yang menjadi pertanyaan adalah apa dukungan kita terhadap pencapaian dukungan pangan. Kita harus mendukung program Presiden dan Kementerian Pertanian dengan energy yang optima agar kedaulatan pangan tercapai. Beliau menyampaikan sebagai pegawai kita harus ingat terhadap pakta integritas yang di dalamnya ada tupoksi.  Apabila tugas mendukung kedaulatan pangan bagus, pelaksanaan tupoksi bagus, maka akan diperoleh hasil kerja yang bagus pula.  Kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan manajemen yang baik.

  1. Mewujudkan SDM Pertanian Yang Profesional, Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi

Ada  2 program / Ikon BPPSDMP (GPPT dan Regenerasi Pertanian).  Apabila SDM Pertanian kita Profesional, Mandiri dan Berdaya Saing Inggi, maka akan mampu memback Up kedaulatan Pangan dan memback Up Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu serta   Regenerasi Pertanian.

  1. Perkembangan TIK  harus dipahami dan dikuasai. Kita dituntut untuk membangun, memahami dan menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Agar mahasiswa STPP  dapat menguasai TIK setelah menempuh pendidikan di STPP, perlu dicermati kurikulum yang ada. Supaya lulusan tidak ketinggalan untuk menembus segala bidang.
  2. Kelembagaan. 

Setelah selesai selanjutnya Sekretaris Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian melakukan pertemuan dengan peserta Bimtek di aula. Dalam arahannya belia menyampaikan:

Tantangan Pembangunan Pertanian

  1. Perubahan Iklim .  Menyebabkan gagal panen yang akan berakibat kelangkaan/krisis pangan.
  2. Kondisi Perekonomian Global . Tterjadi pelemahan nilai tukar rupiah, harga produk dan biaya produksi lebih mahal.
  3. Gejolak Harga Pangan Global. Harga pangan yang berfluktuatif akibat perubahan iklim, sehingga harga pangan menjadi mahal.
  4. Bencana Alam.  Kemampuan dan ketersediaan  pangan sering terganggu.
  5. Peningkatan Jumlah Penduduk melebihi kapasistas yang ada.
  6. Aspek Distribusi. Mengingat Indonesia sebagai Negara kepulauan diperlukan aksesibilitas dan sarana transportasi yang lebih efisien.
  7. Laju Urbanisasi yang tinggi, sehingga generasi muda cenderung  meninggalkan perdesaan/pertanian. Sektor pertanian menjadi kurang diminati generasi penerus.

Setelah  memberikan arahannya Pak Sesba menyematkan dan menyerahkan kelengkapan Upsus kepada peserta Bimtek secara simbolis sebagai tanda diresmikannya pelaksanaan BIMTEK UPSUS PAJALE DAN SIWAB BAGI MAHASISWA STPP MALANG 2016.(adm)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas