Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Join Us Join Us
Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
FWT Homepage Translator
Agenda
20 October 2017
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
Link Terkait
Facebook Fans

PPAD Jatim Menilai Tatakelola Kearsipan STPP Malang

Tanggal : 10/26/2016, 13:38:56, dibaca 325 kali.

Pagi itu, langit dikawasan kampus tepatnya dbawah kaki bukit arjuna STPP Malang, tampak cerah namun cuaca masih terasa dingin. Tampak di sebuah gedung bundar yang didepannya berdiri kokoh pohon beringin sepertinya ada kesibukan. Beberapa orang petugas dengan trampil memilah dan menyiapkan dokumen dan menata arsip-arsip penting. Rupanya gedung bundar itu adalah perpustakaan dan Record center (Ruang Arsip). Hari itu ternyata ada moment cukup penting yaitu penilaian lomba tertib arsip.


Tak lama kemudian dari arah ruang lobi terpantau ada rombongan Tim yang sedang dikawal pegawai dan kemudian berlanjut menuju ruang Kepala Administrasi Umum. Disitulah tampak mulai ada pertemuan serius yang diikuti oleh Anggota Tim Penilai Lomba tertib Arsip dengan unsur pimpinan mulai dari Kepala Tata Usaha, Kepala Administrasi Umum, para fungsioanal Arsiparis hingga Ketua STPP Malang.


Wawancara berlangsung dengan cukup alot, mulai dari pemaparan dari tujuan lomba, pentingnya penataan arsip hingga progres dan realisasi penataan arsip di lingkungan kampus STPP Malang. Dalam kesempatan ini para fungsional arsiparis STPP Malang menyampaikan masih belum adanya JRA fasilitatif (Jadwal Retensi Arsip) dari pusat yang mengatur tatakelola kearsipan lembaga pendidikan pertanian dilingkup Kementerian Pertanian. Sehingga penataan arsip yang ada di STPP Malang meski diakui belum maksimal masih berdasarkan JRA yang disusun secara umum oleh pusat. Hal ini dianggap penting mengingat unit pencipta arsip dilingkungan kampus keragaannya sangat berbeda dengan instansi lain misal seperti lembaga diklat dan lainnya.


Dalam kesempatan itu, Dr. Siti Munifah, M.Si selaku Ketua STPP Malang juga menyampaikan dukungannya yang besar terhadap masalah kearsipan ini dengan terus memberikan fasilitasi yang selama ini sudah direalisasikan seperti Ruang Arsip Baru yang integrasi dengan gedung perspustakaan, rak arsip, folder, rool o pack dan sedang di progress juga diorama arsip.


Oleh karena itu, respon dari tim kearsipan terhadap progres dan realisasi penataan kearsipan di STPP Malang cukup positif. Dalam hal ini, Wahyu Setiawan, SH., MH. selaku Tim Penilai dari  PPAD Jatim berpendapat bahwa langkah yang sudah ditempuh oleh STPP Malang dalam hal kearsipan sudah dianggap cukup bagus meski belum tentu nantinya dinyatakan sebagai pemenang, tapi setidaknya realisasi dari penataan arsip aktif dan statis sudah mulai terliat hasilnya dibeberapa unit pencipta arsip dan record center. Selanjutnya, tinggal mengintegrasikan sistem kerja kearsipan ini menjadi lebih sempurna lagi misal dengan menggunakan aplikasi yang baik atau berbais IT.


Sementara itu, Dr. Setya Budi Udrayana dalam kesempatan itu menyatakan, memang tahun ini STPP Malang dalam hal tatakelola kearsipan belum punya target apapun selain memaksimalkan SDM dan fasilitas yang sudah ada, syukur jika ada peluang menang lomba tertib arsip lingkup Kementan. Sehingga dari capaian yang sudah ada nantinya kita tinggal meningkatkan dengan membuat program kearsipan yang lebih kreatif dan bagus lagi. Demikian juga obsesi yang disampaikan oleh para fungsional arsiparis STPP Malang pada kesempatan itu yang berharap bahwa kampus STPP Malang kedepan diharapkan menjadi rujukan kearsipan kampus/ Perguruan Tinggi se Malang Raya. (#SL)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas