Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Join Us Join Us
Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
FWT Homepage Translator
Agenda
29 March 2017
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
Link Terkait
Facebook Fans
Tanya Jawab

WISUDA SARJANA SAINS TERAPAN T.A. 2015/2016

Tanggal : 08/20/2016, 14:22:47, dibaca 375 kali.

Pada hari ini Sabtu 20 Agustus 2016 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang dengan penuh rasa syukur, mengukuhkan wisudawan sebanyak 139 mahasiswa yang terdiri dari 73 mahasiswa Jurusan Penyuluhan Pertanian dan 66 mahasiswa Jurusan Penyuluhan Peternakan. Hadir dalam acara tersebut Menteri Pertanian yang diwakili  Sekretaris Badan Pengembangan dan Penyuluhan Pertanian (BPPSDMP) Dr. Ir. Momon Rusmono MS, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP  Drs. Gunawan Yulianto, MM, M.Si, .Kepala UPT Balai Besar Lingkup Kementerian Pertanian dan UPT Lingkup Jawa Timur, Jajaran Pejabat TNI Kodam V Brawijaya, Jajaran Polres Malang, Camat Singosari dan Lawang, Kepala Desa Randuagung dan Bedali Dosen, Tenaga Kependidikan, Perwakilan Kelompok Tani, Ketua Himpunan Alumni STPP Malang.

Dalam sambutannya Ketua STPP Malang Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si menyampaikan dalam rangka wisuda Sarjana Sains Terapan Tahun Akademik 2015/2016 STPP Malang meluluskan 139 orang, terdiri dari Program Studi Penyuluhan Pertanian 73 orang, Program Studi Penyuluhan Peternakan 66 orang. Wisudawan tersebar dari Propinsi Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Maluku, Maluku Utara. Sejak tahun 2002 hingga 2016 telah meluluskan 1739 mahasiswa. Artinya STPP Malang telah berperan aktif dalam menyiapkan SDM pertanian yang kompeten dan kompeten dan produktif dalam mendukung program pembangunan pertanian di daerah asal masing-masing.

Kegiatan wisuda sebagai bentuk penyampaian penilaian akuntabilitas penyelenggaran pendidikan tahap terakhir kepada masyarakat. Wisuda merupakan media Perguruan Tinggi untuk menunjukan kepada public, bahwa para alumni memiliki kompetensi yang diperoleh selama  selama mengikuti proses pendidikan dalam bentuk pembelajaran teori, praktik maupun penelitian di dalam dan di luar kampus. Seperti di Masyarakat pertanian, Industri pembudidaya pertanian maupun peternakan, industri pasca panen dan stakeholder lainnya.

Sebelum menutup sambutannya Ketua STPP Malang berharap kepada wisudawan agar menunjukan kepada masyarakat,  bahwa mereka telah memiliki kompetensi sebagai seorang penyuluh pertanian. Selain itu juga menjaga nama baik almamater melalui belajar terus tiada henti, berprestasi dalam tugas, berkarya yang terbaik demi nusa dan bangsa.

Sementara itu dalam sambutannya Sekretaris Badan Pengembangan dan Penyuluhan Pertanian (BPPSDMP) menyampaikan ,”Pada saat ini komponen input pembangunan pertanian khususnya Sumberdaya Manusia Pertanian, menghadapi berbagai permasalahan yaitu menurunnya jumlah rumah tangga tani, menurunnya angkatan kerja produktif usia muda pada sektor pertanian dan meningkatnya urbanisasi. Menurunnya minat angkatan kerja produktif usia muda pada sector pertanian disebabkan adanya persepsi negative terhadap pertanian, yaitu pertanian tidak menjanjikan masa depan, identik dengan kemiskinan, termajinalkan dan terpinggirkan.

Ketiga masalah tersebut mengancam ketersediaan pangan, menimbulkan kerawanan pangan dan menurunkan produksi pangan dalam negeri dan akhirnya menghambat kedaulatan pangan. Oleh karena itu, hal tersebut perlu segera dihentikan. Upaya yang dilakukan adalah melalui Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu dan Regenerasi Petani”.(Adm)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas