Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Join Us Join Us
Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
FWT Homepage Translator
Agenda
26 June 2017
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
Link Terkait
Facebook Fans

PENGHIJAUAN DI GUNUNG ARJUNA OLEH TAPALA STPP MALANG

Tanggal : 04/12/2016, 09:04:40, dibaca 523 kali.

     Dalam rangka mensukseskan dan memeriahkan Dies Natalis Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang yang ke 15, TAPALA  (Taruna Pecinta Alam) STPP Malang melakukan bakti lingkungan yakni penghijauan yang dilaksanakan di Gunung  Arjuna.  Gunung Arjuna  secara administratif terletak di perbatasan Kota BatuKabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuna merupakan gunung  tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunug Semeru dan Gunung Raung.  Hutan Gunung Arjuna sering kali mengalami kebakaran pada saat musim panas tiba. Pada bulan Oktober 2015 lalu, beberapa Taruna STPP Malang melakukan pendakian ke Gunung Arjuna dan ditengah perjalanan mereka melihat hutan terbakar dan mereka mencoba untuk memadamkannya dengan persediaan air minum yang mereka miliki. Hal tersebutlah yang menjadi alasan TAPALA STPP Malang melakukan penghijauan di kawasan Hutan Gunung Arjuna.


       Ada dua jenis pohon yang ditanam pada saat kegiatan penghijauan tersebut yakni Trembesi sebanyak  dua pohon dan Sirsak sebanyak 9 pohon.  Trembesi memiliki nama latin Albizia saman merupakan sebuah tumbuhan pohon besar, tinggi, dengan tajuk yang sangat melebar. Sedangkan  sirsak  memiliki nama latin Annona muricata L. merupakan tumbuhan berguna yang berasal dari KaribiaAmerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini ditanam untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Dengan memperhatikan hal tersebut TAPALA STPP Malang menanam pohon sirsak tersebut di Pos II Tampuono yang tingginya kira-kira kurang dari 1000 mdpl. Kegiatan penghijauan tersebut disambut baik oleh penjaga dan masyarakat penghuni yang berada di POS 2 Gunung Arjuna tersebut.


        Walaupun hanya beberapa pohon yang ditanam, besar harapan TAPALA STPP Malang agar pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik dan dapat dimanfaatkan hasilnya oleh pengunjung dan pendaki lain nantinya. Semoga dengan langkah kecil tersebut Bumi yang kita pijak ini dapat terselamatkan dari pemanasan global atau yang dikenal dengan istilah Global warming. Untuk itu TAPALA STPP Malang mengajak seluruh masyrakat yang peduli dengan kehidupan di bumi ini untuk menjaga kelestarian lingkungan dan melakukan penghijauan.


By: TAPALA STPP Malang



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas