Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
Agenda
22 October 2018
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Link Terkait
Facebook Fans

Visitasi Akreditasi Institusi oleh Asesor BAN-PT di STPP Malang

Tanggal : 12/21/2015, 09:07:26, dibaca 946 kali.

Kerja keras Tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) STPP Malang  yang  dimotori  oleh    Sutoyo, SP, MP; Dr. Adi Prayoga dan Dr. Novita Dewi Kristanti beserta anggota tim dalam mempersiapkan akreditasi institusi sejak tahun lalu, telah tuntas dengan adanya visitasi oleh Asesor BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) pada tanggal 17 hingga 19 Desember 2015 lalu. Asesment yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Andi Niartiningsih, MP (UNHAS) dan Dr. Untung Sujianto, S.KP., M.Kes (UNDIP) sebagai anggota, berlangsung intens dan diikuti dengan seksama oleh seluruh anggota tim yang telah menyiapkan dokumen sebagai barang bukti borang, dibawah koordinasi Bambang Riyanto M.Ed sebagai Kepala Unit Penjaminan Mutu STPP Malang. Tidak ketinggalan, hadir pula Wakil Ketua I (Dr. Ir. Abdul Farid, MP), Wakil Ketua II    (Dr. Ir. Ismulhadi, M.Si) dan Wakil Ketua III (Dr. Ir. Suhirmanto, M.Si), para wakil dosen, serta seluruh pejabat eselon III dan IV  mengikuti acara tersebut hingga berakhir.


Proses asesment diawali oleh Prof. Niar (panggilan akrab Prof. Niartiningsih) dengan menjelaskan deskripsi keseluruhan proses yang akan dijalani dan dilanjutkan dengan pemaparan Dr. Untung tentang rules of the games pelaksanaan visitasi. Berdasarkan aturan dan batasan-batasan jelas yang disampaikan, menunjukkan bahwa setiap unsur yang terlibat harus menunjukkan integritas, komitmen dan kejujuran yang tinggi sehingga hasil yang diperoleh benar-benar merupakan fakta dengan bukti yang kuat.


Ketua STPP Malang (Dr. Ir. Siti Munifah, MSi) memberikan pemaparan profil serta penjelasan roadmap dan kebijakan. Secara detail, beliau memberikan gambaran kepada hadirin tentang apa yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan oleh STPP Malang sebagai institusi pendidikan tinggi Kementerian Pertanian. Kemandirian yang terbatas, menjadi salah satu ciri pembeda antara STPP Malang dengan perguruan tinggi lain. Selain itu, pembiayaan penuh yang berasal dari Kementan dalam proses penyelenggaraan pendidikan bagi mahasiswa (saat ini disebut sebagai taruna) merupakan suatu kelebihan khusus, sekaligus menjadikan STPP Malang terbatas dalam rekrutmen calon taruna. Oleh karenanya, STPP Malang  terus berupaya untuk mengusulkan terobosan kepada pemerintah pusat dalam upaya menjaring dan mendidik sebanyak mungkin calon taruna potensial, yang akan menjadi mitra petani dalam membangun pertanian lebih maju dan bermartabat. Salah satu upaya tersebut adalah mengusulkan adanya perubahan PP tarif yang saat ini sedang dalam pembahasan di Kementerian Keuangan.


Ruang lingkup diskusi dan penelusuran barang bukti mencakup aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasi dan pelaporan serta rencana tindak lanjut setiap kegiatan yang dilaksanakan serta orientasinya terhadap ketercapaian visi dan misi STPP Malang. Penelusuran juga melibatkan unsur taruna (diwakili oleh taruna muda dan taruna madya), alumni, kelompok tani binaan STPP Malang serta stake holder sebagai pengguna lulusan. Visitasi terhadap ketersediaan dan kelengkapan sarana prasarana pembelajaran mampu meyakinkan asesor terhadap penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan. Tigabelas laboratorium, 5 (lima) instalasi penunjang proses pembelajaran, perpustakaan, asrama hingga lahan praktek, serta kampus II di Tanjung  Kota Malang tidak luput menjadi perhatian asesor dalam mencermati pengelolaan sumberdaya yang dimiliki. Selain itu, struktur pembiayaan yang berpihak pada proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (yang merupakan kewajiban setiap PT), adalah unsur yang penting  bagi terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik, tidak luput dari pencermatan kedua asesor.


Setelah melewati proses yang panjang dan cukup menguras energi seluruh komponen - tidak terkecuali bagi rekan2 sejawat yang menangani kebersihan dan keamanan – menjelang akhir visitasi, ketua Tim Asesor memberikan beberapa rekomendasi sebagai rencana tindak lanjut hasil visitasi. Dimaksudkan agar penyelenggaraan pendidikan di STPP Malang menjadi lebih baik dimasa mendatang, semata untuk menyiapkan generasi muda penerus pembangunan pertanian. Pada akhir proses visitasi, Prof. Niar menyerahkan Berita Acara Visitasi yang telah ditandatangani kepada Ketua STPP Malang, selanjutnya berita acara tersebut akan disampaikan pada rapat pleno yang nantinya diselenggarakan oleh BAN PT dalam penetapan status akreditasi STPP Malang. 


Terimakasih diucapkan kepada para asesor, Ketua STPP Malang beserta para Wakil Ketua, unsur pimpinan, Kepala Unit Penjaminan Mutu, segenap personal Tim AIPT tahun 2014 dan 2015, serta seluruh komponen yang telah bekerjasama dengan baik, dan terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan STPP Malang. Semoga segala aktifitas kita mendapat balasan pahala berlimpah sebagai wujud pengabdian kepada negara. Let’s give the best for agriculture development. Bravo STPP Malang..! (Uud).


 Galeri foto disini



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : Bacait -  [buatdesember1@yahoo.com]  Tanggal : 30/01/2016
terima kasih infonya, bermanfaat sekali.
kunjungi info kami disini http://goo.gl/XDp4OZ


   Kembali ke Atas

lpsewbs prior sipmen

 

© 2014 - Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian
Jl. DR. Cipto 144a Bedali - Lawang, Malang
Telp/Fax: 0341-427771-3, 0341-427379/0341-427774
e-mail : admin@stppmalang.ac.id/stpp.malang@yahoo.co.id