Selamat Datang di Website Resmi STPP Malang

Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us Join Us
Join Us Join Us
Join Us Join Us
Waktu Saat Ini
Terjemahan
FWT Homepage Translator
Agenda
25 May 2017
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Link Terkait
Facebook Fans
Tanya Jawab

Sosialisasi GP3K PT. Petrokimia Gresik di STPP Malang

Tanggal : 03/26/2015, 11:38:30, dibaca 732 kali.

Kamis (26/03/2015), bertempat di Aula Sasana Giri Sabha STPP Malang diadakan pertemuan antara civitas akdemika STPP Malang dengan tim GP3K (Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi) PT. Petrokimia Gresik. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh pejabat STPP Malang, dosen dan mahasiswa.


Sehubungan dengan tekad Pemerintah Pusat untuk mewujudkan swasembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai pada tahun 2017, maka perlu diberikan penjelasan dan pemahaman bahwa Program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) yang diharapkan dapat menekan laju konversi lahan pertanian dengan usaha ekstensifikasi lahan pertanian menjadi lahan persawahan dan mendukung program pemerintah.


Program GP3K adalah Program intensifikasi berupa paket teknologi terekomendasi (benih, pupuk, pestisida, biaya kerja) senilai tertentu, yang diberikan kepada petani berupa pinjaman bayar-panen, dengan disertai pendampingan dalam aplikasinya. Ekstensifikasi Pencetakan areal persawahan baru. Tujuannya, antara lain, untuk menutup defisit neraca lahan sawah akibat konversi ke peruntukan lain terutama di Jawa. Kontribusi GP3K diharapkan :


-    Membantu penyediaan saprodi sehingga semua sawah dapat ditanam minimal dua kali setahun


-    Membantu Petani untuk dapat bertransformasi secara kelembagaan sehingga mampu menjalankan usaha pertanian dengan visi agribnisnis.


Pada pertemuan ini, Arief Karsanto sebagai Ketua Tim Posko GP3K menyampaikan bahwa GP3K diawali dengan ditetapkannya Instruksi Presiden no. 5 Tahun 2011 tentang Pengamanan Produksi Beras Nasional Dalam Menghadapi Iklim Ekstrim. Dalam Inpres tersebut dijelaskan bahwa tugas Kementrian BUMN sebagai berikut:


1. Penyedia Lahan pada Kawasan Hutan dengan pola tumpang sari produksi untuk tanaman padi.


2. Penyediaan dan penyaluran sarana produksi dan distribusi gabah/beras,


3. Pengadaan dan pengelolaan cadangan gabah/beras pemerintah.


Selanjutnya Arief Karsanto menjelaskan bahwa, tujuan program GP3K adalah untuk mendukung program swasembada beras, meningkatkan produktivitas lahan pertanian padi dan kesejahteraan petani serta mendukung penyediaan stok gabah/beras untuk mendukung penguatan ketahanan pangan nasional.


Kerja sama GP3K dengan STPP Malang dalam bentuk pendampingan mahasiswa yang sedang PKL diberbagai wilayah koordinasi STPP Malang (Bojonegoro, Lamongan, Tuban dan Malang) dan penjelasan terkait dengan pendistribusian pupuk, serta dukungan terhadap pemerintah dalam program ketersediaan pangan. (hmz/berbagai sumber).



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas