Materi Kuliah untuk Jurusan Pertanian

  • DESKRIPSI MATA KULIAH

    Perencanaan Penyuluhan Pertanian II merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menyusun konsep programa penyuluhan pertanian sesuai dengan Permentan No 47 Tahun 2916. yang meliputi;Tahapan dan mekanisme Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian;Sintesa kegiatan penyuluhan pertanian berdasarkan program pembanguan wilayah;Rumusan Keadaan Wilayah;Penetapan Tujuan;Penetapan Masalah;Penetapan Rencana Kegiatan;Prinsip- prinsip dokumentasi laporan;Membuat presentasi power point;Teknik komunikasi verbal (Presentasi)

  • I. DESKRIPSI MATA KULIAH      

    Manejemen SDM Pertanian merupakan MK yang memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa agar dapat melakukan pengelolaan terhadap sdm yang ada yang meliputi : Pengertian MSDM dan Fungsinya, Strategi Pengembangan SDM, Perencanaan Strategi MSDM, Peramalan Kebutuhan Sumber Daya Manusia,Perencanaan Training & Development, Pengadaan Tenaga Kerja Dalam Praktek, Perencanaan Imbalan, Insentif dan Tunjangan, Contoh  Kasus Penerapan Perencanaan SDM Di Perusahaan Multi Nasional, Kesehatan-Keselamatan-Kerja (K3)  dalam Perusahaan, Pembinaan SDM Berbasis Kompetensi (Suatu Pendekatan Strategik)

     II. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH

    Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: Memahami dan menjelaskan tentang Definisi, fungsi, rekruitmen dan seleksi, pengembangan dan pemanfaatan sampai dengan pemberhentian SDM, Membuat ringkasan buku MSDM tertulis tangan, makalah, PPT, Film, Mengenal, memahami dan menjelaskan Strategi pengembangan dan perencanaan SDM Pertanian, Mampu membuat ide-ide dan gagasan dalam bentuk penerapan MSDM di Pertanian missal dalam gerakan MSDM Pertanian, Mampu mengimplementasikan gerakan pemuda manajer

  • I. DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini berisi tentang penetapan media penyuluhan pertanian dan penggunaan media penyuluhan pertanian. Materi penetapan media penyuluhan meliputi kajian individu sebagai peubah kepribadian, motivasi sasaran, teknik analisis gender, proses adopsi inovasi, penggolongan metode penyuluhan, aspek-aspek metode penyuluhan, aspek-aspek metode penyuluhan (Permentan No. 51 Tahun 2009 tentang Metode dan Teknik Penyuluhan), prosedur penetapan metode penyuluhan, dasar pertimbangan pemilihan metode penyuluhan pertanian, tujuan pemilihan metode penyuluhan, prinsip-prinsip pemilihan metode dan teknik penyuluhan pertanian, menetapkan metode dan teknik PP, proses adopsi dan dan kemandirian sasaran penyuluhan. Pembuatan media penyuluhan pertanian meliputi Lembar Persiapan Menyuluh (LPM), pendekatan metode PP (Perorangan, Kelompok, Massal), penerapan Metode PP Partisipatif (MP3), penerapan metode PP berbasis gender, penerapan metode PP kajian partisipatif. II. KOMPETENSI YANG DIKEMBANGKAN Setelah selesai perkuliahan mahasiswa mampu : 1. Mengidentifikasi sasaran penyuluhan dalam rangka penetapan media dan metode penyuluhan 2. Menetapkan media penyuluhan pertanian berdasarakanIdentifikasi sasaran penyuluhan pertanian 3. Menggunakan media dalam penyuluhan pertanian.berdasarakanIdentifikasi sasaran penyuluhan pertanian 4. Menetapkan metode penyuluhan pertanian berdasarakan Identifikasi sasaran penyuluhan pertanian 5. Menggunakan metoda dalam penyuluhan pertanian. berdasarakan Identifikasi sasaran penyuluhan pertanian   III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI A. Aspek Kognitif dan Kecakapan Berpikir : 1. Menjelaskan cara identifikasi sasaran dalam rangka penetapan media dan metode penyuluhan 2. memahami teknik analisis gender, 3. memahami proses adopsi inovasi, 4. memahami penggolongan metode penyuluhan, 5. Memahami aspek-aspek metode penyuluhan (Permentan No. 51 Tahun 2009 tentang Metode dan Teknik Penyuluhan), 6. memahami prosedur penetapan metode penyuluhan, 7. memahami dasar pertimbangan pemilihan metode penyuluhan pertanian 8. memahami tujuan pemilihan metode penyuluhan, 9. memahami prinsip-prinsip pemilihan metode dan teknik penyuluhan pertanian, 10. memahami proses adopsi difusi dan kemandirian sasaran penyuluhan. 11. memahami pendekatan metode PP (Perorangan, Kelompok, Massal), 12. memahami dan menerapkan Metode PP Partisipatif (MP3), 13. memahami dan menerapkan metode PP berbasis gender, 14. memahami dan menerapkan metode PP kajian partisipatif 15. Pembuatan Lembar Persiapan Menyuluh (LPM), B. Aspek Psikomotor 1. Trampil mendeskripsikancara identisikasi sasaran 2. Trampil melakukan kajian individu sebagai peubah kepribadian, 3. Trampil memotivasi sasaran 4. Trampil menetapkan metode dan teknik PP, 5. Trampil menerapkan Metode PP Partisipatif (MP3), 6. Tranpil menerapkan metode PP berbasis gender, 7. Trampil menerapkan metode PP kajian partisipatif 8. Trampil membuat Lembar Persiapan Menyuluh (LPM), C. Aspek Afektif, Kecakapan Sosial dan Personal 1. Mengikuti perkuliahan dengan tertib dan penuh tanggung jawab. 2. Berpartisipasi aktif pada semua kegiatan yang berkaitan dengan matakuliah Pelaksanaan Penyuluhan 3. Memiliki motivasi untuk membaca beberapa sumber referensi berkaitan dengan pengetahuan Pelaksanaan Penyuluhan 4. Menghargai pendapat orang lain/teman sendiri dalam berdiskusi di kelas. 5. Mahasiswa memiliki sopan-santun dalam kelas maupun di luar kelas. 6. Mahasiswa memiliki tanggungjawab pada tugas-tugas belajarnya. 7. Mahasiswa memiliki rasa percaya diri terhadap kemampuannya, utamanya dalam mengukur mengaplikasikan peneltian bisnis.